Jun 4, 2013

Tips Membeli Properti Untuk Investasi

Investasi di bisnis properti memang sangat menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan yang sangat besar. Namun kadangkala berinvestasi di bisnis properti dapat menjadi sebuah boomerang yang dapat mengakibatkan kerugian dan bahkan kebangkrutan. Memang pada dasarnya orang membeli properti untuk investasi karena melihat peluang harga sebuah properti yang akan selalu mengalami peningkatan dalam jangka panjang. Hal tersebutlah yang menyebabkan semakin banyaknya orang mebeli properti untuk investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Mungkin di antara anda ada yang berminat atau ingin memulai membeli properti untuk investasi jangka panjang. Sebelum anda benar-benar melakukan hal tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kedepannya investasi yang anda lakukan tidak menimbulkan kerugian. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi menarik tentang tips membeli properti untuk investasi. Silahkan disimak tips dari saya berikut ini karena akan sangat membantu anda dalam membeli properti untuk investasi jangka panjang.



Tips Membeli Properti Untuk Investasi



Sebelum saya menjelaskan tips membeli properti untuk investasi ada beberapa hal yang pelu anda perhatikan yakni anda akan membeli sebuah properti untuk investasi yang tentu saja akan anda jual atau sewakan kembali dan tidak untuk ditempati jadi fokuskan pikiran pada keuntungan yang akan anda peroleh kedepannya dan bukan membeli karena selera. Baiklah langsung saja kita bahas tipsnya sebagai berikut ini :

1. Lokasi


Lokasi dari properti yang akan anda beli untuk investasi akan sangat penting untuk mendapatkan keuntungan. Pilihlah lokasi properti yang strategis contohnya properti tersebut memiliki akses jalan yang dilalui transportasi umum serta dekat dengan fasilitas umum seperti Sekolah, Rumah Sakit, Pusat Perbelanjaan, dan lain-lain. Selain itu perhatikan juga daerah sekitarnya apakah kedepannya akan mengalami kemajuan seperti misal akan dibangun sesuatu yang akan menarik minat masyarakat. Perhatikan juga akses jalan menuju ke tempat tersebut, usahakan mencari properti yang mudah dijangkau lokasinya.


2. Fasilitas


Fasilitas akan menjadi daya tarik utama seorang pembeli jadi pastikan cari tau fasiltas apa saja yang ada disana serta bagaimana pemeliharaan fasilitas tersebut. Jadi nanti anda bisa memastikan kedepannya fasilitas yang ada tidak akan pernah mengalami penurunan layanan akibat tidak adanya pemeliharaan yang berkesinambungan dari pihak Pengembang Properti tersebut.


3. Harga & Pembayaran


Harga sebuah properti tentu yang menjadi pertimbangan anda untuk membelinya. Carilah harga properti yang sesuai dengan keuangan anda, jangan memaksakan membeli properti yang harganya di luar batas kemampuan anda karena ini sangat riskan kedepannya dan dapat menyebabkan kegagalan investasi yang anda lakukan. Rencanakan juga bagaimana cara anda membayar properti yang akan dibeli untuk investasi apakah dengan cara Cash atau pun Kredit. Jika anda memiliki dana yang lebih ada baiknya membeli secara cash tapi jika dana yang anda miliki pas-pasan bisa memilih membayar dengan cara kredit. Usahakan menghindari membeli menggunkan dana KPR karena bunga KPR bisa menjadi malapetaka jika anda tidak mampu membayar angsurannya secara tepat waktu. Kalau bisa usahakan membayar secara kredit langsung kepada penjual atau pengembang properti tersebut.

Hanya sekedar informasi tambahan saja jika anda tertarik mengetahui cara membeli properti tanpa modal dan utang, anda bisa mengikuti seminar gratis yang diadakan oleh salah satu pakar properti Indonesia yakni Cipto Junaedy.


4. Pengembang


Pengembang disini tentu saja si penjual properti yang akan anda beli. Carilah properti dari pengembang yang terpercaya dan sudah memiliki nama baik di bidang bisnis properti. Cari tau dari mana asal dana pengembang tersebut apakah dari modal sendiri atau pinjaman Bank. Usahakan mencari pengembang yang menggunakan modal sendiri karena resiko properti disita lebih kecil. Perhatikan juga penawaran yang diberikan oleh pihak pengembang, lakukanlah negosiasi yang dapat memberikan anda penurunan harga atau kemudahan dalam pembayarannya. Untuk anda yang bertempat tinggal di daerah Jawa Barat mungkin bisa coba membeli dari salah satu pengembang properti terpercaya di Indonesia yakni Margahayuland.


Sekian tips membeli properti untuk investasi yang bisa saya berikan kali ini semoga bermanfaat. jangan lupa berbagi artikel ini melalui sosial media dan meninggalkan komentar di bawah.


Blognya Kuyax Di poskan pada : 4:53 AM
Posted by : Surya Subrata

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Penulis : Kuyax
Kuyax adalah penulis blog dan juga part time internet marketer.

0 comments: